Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IIM Surakarta Gelar Visiting Lecture Mata Kuliah Perkembangan Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini
Surakarta, 14 Juni 2024 – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta (IIM Surakarta) kembali mengadakan Visiting Lecture secara daring dalam mata kuliah Perkembangan Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 14 Juni 2024 dan bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam kepada mahasiswa mengenai pentingnya perkembangan bahasa dan literasi sejak usia dini dalam pembentukan keterampilan anak.
Acara ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Narasumber pertama adalah Nur Hafidz, M.Pd, dosen PIAUD dari UNU Purwokerto, yang membahas berbagai aspek perkembangan bahasa anak usia dini, serta strategi dan pendekatan yang tepat untuk merangsang kemampuan bahasa anak secara efektif.
Sebagai keynote speaker, acara ini juga menghadirkan Dekan Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta, Dra. Hj. Nur Hidayah, M.Si, yang memberikan pemaparan mengenai pentingnya literasi dalam pendidikan anak usia dini, serta bagaimana perkembangan bahasa menjadi landasan utama dalam pengembangan keterampilan lainnya.
Narasumber kedua adalah Anita Wardani, M.Pd, dosen mata kuliah Perkembangan Bahasa dan Literasi Anak Usia Dini Prodi Pendidikan Anak Usia Dini IIM Surakarta. Beliau membagikan pengetahuan tentang teknik dan metode pengajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan literasi anak, serta pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam mendukung perkembangan bahasa anak sejak dini.
Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa dalam memahami dan mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan bahasa dan literasi anak usia dini, serta memperkuat peran pendidik dalam mempersiapkan anak untuk masa depan yang lebih baik.
Dengan diselenggarakannya acara seperti ini, Prodi PIAUD IIM Surakarta terus berkomitmen untuk menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan pendidikan di era global, khususnya dalam mendukung perkembangan bahasa dan literasi anak sejak usia dini.