Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

Poster Acara

Surakarta, 2 November 2025 – Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Tafsir Pendidikan” pada Sabtu, 1 November 2025 pukul 13.30-14.00 WIB. Acara yang diikuti oleh sekitar 100 peserta mahasiswa pascasarjana ini menghadirkan pakar tafsir pendidikan dari Institut Keislaman Tuah Negeri Riau, Herlin Misliani, M.Ag.

Kuliah tamu yang diselenggarakan secara daring ini merupakan bagian dari mata kuliah Tafsir Pendidikan yang diampu oleh Dr. Mulyanto Abd. Khoir, M.A. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa mengenai pendekatan tafsir dalam perspektif pendidikan serta mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam praktik pendidikan kontemporer.

Dalam pemaparannya, Herlin Misliani, M.Ag. menyampaikan pentingnya memahami ayat-ayat Al-Qur’an melalui pendekatan pendidikan. “Tafsir pendidikan bukan hanya sekedar memahami makna tekstual ayat, tetapi lebih dari itu, bagaimana kita dapat mengaplikasikan nilai-nilai Qur’ani dalam membangun karakter dan sistem pendidikan yang holistik,” jelasnya.

Acara yang berlangsung selama 90 menit ini berjalan dengan interaktif, ditandai dengan antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab. Mahasiswa terlihat aktif berdiskusi mengenai berbagai persoalan aktual dalam pendidikan dan kaitannya dengan penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an.

Dr. Mulyanto Abd. Khoir, M.A., selaku dosen pengampu mata kuliah, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kuliah tamu ini sangat penting bagi mahasiswa magister PAI untuk memperluas perspektif mereka dalam memahami relasi antara tafsir dan pendidikan, khususnya dari pakar yang berkompeten di bidangnya,” ujarnya.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Prodi Magister PAI Institut Islam Mamba’ul Ulum Surakarta dalam meningkatkan kualitas akademik dan memberikan wawasan yang komprehensif bagi calon magister pendidikan agama Islam.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top