Surakarta, 27 April 2024 – Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Islam Mambaul Ulum (IIM) Surakarta kembali mengadakan visiting lecture secara daring dengan tema “Inovasi Metode Interaktif untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Anak Usia Dini”. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 27 April 2024, melalui platform online dan diikuti oleh mahasiswa, dosen, serta praktisi pendidikan dari berbagai wilayah.
Kegiatan ini dibuka oleh keynote speaker, Dekan Fakultas Tarbiyah IIM Surakarta, Dra. Hj. Nur Hidayah, M.Si., yang dalam sambutannya menyoroti pentingnya inovasi dalam metode pengajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak usia dini, yang menjadi dasar keberhasilan pendidikan di jenjang berikutnya.
Narasumber pertama, Susiloningsih, S.Pd., Kepala Sekolah BA Aisyiyah Babadan, memaparkan praktik-praktik inovatif yang telah diterapkan di sekolahnya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak usia dini. Narasumber kedua, Annafi’ Nurul ‘Ilmi Azizah, M.Pd., dosen Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IIM Surakarta, memberikan perspektif akademik mengenai strategi pengembangan metode interaktif berbasis pendekatan islami dan perkembangan anak.
Diskusi ini dipandu oleh moderator Elina Intan Apriliani, S.Pd., M.Pd., yang memastikan jalannya acara berlangsung dinamis dan interaktif. Peserta diajak untuk aktif berdiskusi dan berbagi pengalaman, menciptakan suasana pembelajaran yang kolaboratif.
Ketua Prodi PIAUD IIM Surakarta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Prodi PIAUD untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan terkini di bidang pendidikan anak usia dini. “Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan inovasi-inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan anak usia dini di era modern,” ujarnya.
Dengan semangat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, Prodi PIAUD IIM Surakarta terus berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan akademik yang bermanfaat dan aplikatif bagi para mahasiswa dan praktisi pendidikan.